Langsung ke konten utama

Rancang Bangun Pemberi Makan Hewan Peliharaan Berbasis NodeMCU

Seringkali pemilik hewan peliharaan lalai dan abai dalam memenuhi kebutuhan pakan hewan peliharaan mereka. Hal itu disebabkan karena manusia memiliki kesibukan dan keterbatasan dalam memenuhi kebutuhan pakan hewan peliharaan secara langsung dan tepat waktu. Ketika memberikan pakan secara konvensional maka tidak adanya sistem kontroler otomatis. untuk memberikan makan dan minum anjing yang dipelihara. Hal tersebut bisa membuat anjing yang dipelihara mengalami kesakitan bahkan juga kematian. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka untuk mengatasinya dibutuhkan sarana yang lebih efisien seperti pemberi makan anjing dengan memanfaatkan NodeMCU dan sebuah sensor Ultrasonic. Maka penelitian ini akan merancang dan membangun alat Pemberi Makan Hewan Peliharaan Berbasis NodeMCU.
 
 
Sketsa dan Penempatan Komponen : 
 
 
Prinsip kerja alat ini berbasis otomatis. Alat ini dirancang untuk beroperasi pada 2 periode yang berbeda, sesuai setting waktu yang ditentukan, dan alat ini juga dapat beroperasi secara langsung tanpa harus menunggu setting waktu yang telah ditentukan. Ketika setting waktu pakan terpenuhi, maka motor servo akan on dan terbuka selama 2 detik, bersamaan dengan terbukanya motor servo, buzzer akan berbunyi sebagai penanda bahwa pakan sudah diberikan. Alat ini juga sudah terintegrasi dengan aplikasi Telegram, yaitu Bot Telegram. Pada Bot Telegram ini terdapat beberapa fitur yang dapat digunakan. Ketika memberi pesan “menu” pada kolom chat Bot Telegram maka Telegram akan menampilkan menu-menu yang sudah diatur dalam pemrograman.
 
Rangkaian Skematik Alat :
 
 
Alat yang dibuat berkonsep otomatis memerlukan mikrokontroler yang dapat mengatur komponen input dan keluaran. Node MCU bekerja dengan memproses perintah dari komponen input dan mengirimkan perintah ke keluaran. Sensor ultrasonic yang terhubung dengan Node MCU akan mengirimkan masukan ke bagian proses dan melanjutkan ke bagian keluaran. Sehingga motor servo dapat memutar wadah pakan. Sensor tangki juga terhubung dengan port Node MCU agar bisa berfungsi. Pada sensor ultrasonic membutuhkan masukan 5 Volt sedangkan Node MCU sendiri hanya bisa menerima masukan 3v3 maka penambahan modul stepdown dibutuhkan agar sensor dapat bekerja.
 
Komponen :
  1. NodeMCU
  2. Modul Step Down
  3. BMS (Baterai Management Sistem)
  4. Motor Servo
  5. Sensor Ultrasonic
  6. Buzzer
  7. LCD