Langsung ke konten utama

Rancang Bangun Pemanfaatan Panas Matahari Menggunakan Panel Surya 100WP untuk Charging Stations Off Grid berbasis Arduino Uno

 
Panel surya adalah salah satu teknologi terbarukan yang mampu mengkonversi energi matahari menjadi energi listrik. Panel surya menjadi sumber energi terbarukan yang mudah didapat dan gratis, namun pada pengaplikasiannya secara konvensional efisiensi sistem panel surya sangat rendah. Solar charge kontroler dirancang untuk memaksimalkan daya output dari panel surya untuk mengatur kondisi baterai agar tidak mengalami overcharging. Pemanfaatan sinar matahari menggunakan panel surya 100 wp untuk charging station berbasis arduino uno menggunakan sensor tegangan sebagai pembaca tegangan pada baterai yang telah terisi oleh panel surya. baterai aki berfungsi sebagai penyimpan daya dari panel surya sebagai pemberi tegangan  untuk menyalakan alat, sensor tegangan untuk mendapatkan nilai tegangan dari baterai untuk mengetahui besar tegangan untuk mengaktifkan relay agar LCD dan tiap-tiap port dapat berfungsi.
 
 
Rangkaian Skematik Alat :
 
 
 
Pada perancangan alat pemanfaatan sinar matahari menggunakan panel surya 100 wp untuk charging station berbasis arduino uno. Terdapat sensor tegangan yang berfungsi untuk mendapatkan nilai tegangan yang diprogram pada arduino uno untuk ditampilkan pada LCD 20x4, RTC sebagai pembaca waktu yang deprogram oleh arduino untuk ditampilkan pada LCD 20x4, dan relay sebagai switch untuk menyalakan dan mematikan por usb jika tegangan yang diterima lebih dari 6V maka relay akan aktif (Aktif LOW) dan port USB akan menyala, sedangkan jika tegangan yang diterima kurang dari 6V maka relay akan mati (Aktif HIGH) sehingga port USB akan mati.
 
 
Komponen :
  1. Arduino Uno
  2. Panel Surya
  3. Solar Charge Controller
  4. Batterai
  5. Relay
  6. Sensor Tegangan 
  7. Liquid Crystal Display (LCD)
  8. RTC